PRESS RELEASE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) ENVIRONMENTAL PROJECT UNPAD 2021

Share on facebook
Share on twitter

ENVIRONMENTAL PROJECT UNPAD 2021

Departemen Lingkungan Hidup BEM Kema Universitas Padjadjaran mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan nama acara “Environmental Project” yang bertemakan “Lessen Digital & Electronic Carbon Footprint For a Better Future”. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 30 Oktober 2021 melalui Zoom Meeting pada pukul 09.00 – 12.00 WIB. FGD ini bersifat umum untuk Kema Unpad dan juga masyarakat. Tujuan diselenggarakan kegiatan FGD ini tidak lain untuk memfasilitasi pengembangan diri bagi mahasiswa dan masyarakat dalam mengkaji atau mengkampanyekan isu lingkungan.

Kegiatan FGD kali ini dibuka oleh MC yaitu Ade Rani selaku Staff Magang BEM Kema Departemen Lingkungan Hidup dan dilanjutkan oleh sambutan dari ketua pelaksana dan Ketua BEM Kema Unpad 2021. Setelah itu, diskusi sesi pertama dipandu oleh Fajar Ridwan sebagai moderator atas pematerian yang diberikan oleh Putri Damayanti Potabuga yang merupakan Direktur dan Founder Climate Institute, dengan pembahasan mengenai pengetahuan umum terkait digital karbon dan limbah elektronik di Indonesia dan di dunia.

Pada diskusi sesi kedua, yaitu sesi Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan dengan terbaginya empat kelompok untuk berdiskusi di breakout room. Keaktifan peserta dalam menyuarakan pendapatnya membuat FGD ini berlangsung hangat dan dinamis. Banyak peserta memiliki perspektif mereka sendiri. Pertukaran pikiran pun dilakukan demi terwujudnya satu pemahaman bersama. Pada sesi ini, diakhiri dengan presentasi dari setiap kelompok atas hasil diskusi. Dan dilanjutkan oleh review pembahasan yang disampaikan oleh Putri Damayanti Potabuga.

Fokus diskusi pada FGD kali ini adalah dampak dari limbah elektronik, penanganan khusus terhadap limbah elektronik, dan langkah preventif serta penanggulangan limbah elektronik. Karena pada dasarnya sebelum mengurangi limbah elektronik, kita perlu untuk mengedukasi diri kita sendiri. Setelah itu, bisa melakukan berbagai upaya untuk mengurangi limbah elektronik, salah satunya dengan cara menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan dan menggunakan barang elektronik dengan bijaksana.

Limbah elektronik bukan masalah masa depan, ia ada di sini dan berdampak pada setiap wilayah di dunia. Jadi apa yang sudah kamu lakukan hari ini untuk mengurangi limbah elektronik? Mari beraksi dan berinovasi untuk keberlanjutan bumi kita!

Leave a Reply