Expert Media Training 2019: From Idea to Media

Share on facebook
Share on twitter

Pada Jumat, 11 Oktober 2019 lalu, Departemen Media Kreatif BEM Kema Unpad telah mengadakan acara seminar dan workshop Expert Media Training (EMT) 2019 yang bertempat di Bale Sawala. Dengan hadirnya dua pembicara yang ahli dalam dunia media dan pengelolaan konten, acara EMT 2019 ini berjalan dengan lancar.

Dengan mengusung tagline “from idea to media” EMT tahun ini dibuka oleh wakil Ketua BEM Kema Unpad Awaldi Rahman dan Tasya Aprilia selaku Ketua Pelaksana dari EMT 2019. Tahun ini EMT mengundang dua pembicara, salah satunya berasal dari media televisi yang didirikan oleh jurnalis senior Najwa Shihab yakni Narasi TV. Selain dengan Narasi TV, EMT 2019 juga turut mengundang Video Content Editor dari MARI Group.

Media di mata masyarakat dengan perputaran informasi yang begitu cepat terkadang membuat konten yang dihasilkan terlalu terburu-buru. Dengan hadirnya Amanda Valani sebagai Head of Content Narasi TV dan Fadhil Muhammad sebagai Video Content Editor Mahaka Radio Integra memberikan pencerahan kepada peserta bahwa konten yang dibuat untuk khalayak haruslah memiliki nilai berita dan akutualitas dari peristiwa yang dikabarkan. Amanda menyampaikan seminar dengan kritis dan skeptis mengenai karya jurnalistik dan konten yang layak untuk tayang di media. Pada akhir seminar, terdapat kalimat menarik yang Ia sampaikan, yakni “Apapun yang tampil di layar kita, akan melebihi waktu, melampaui generasi, membentuk wajah, dan kepribadian negeri”.

Setelah sesi seminar usai, para peserta seminar diajak untuk ikut serta menjawab beberapa kuis & pertanyaan dari pemandu acara diikuti dengan pembagian doorprize sebelum mulai ke sesi selanjutnya bersama Muhammad Fadhil untuk melakukan workshop editing video.

Alumni Unpad, Fadhil Muhammad yang saat ini bekerja sebagai Video Content Editor Mahaka Radio Integra memberikan workshop tentang bagaimana memproduksi konten dengan visual yang menarik. Dengan memaparkan teknik dan mengemas konten video, peserta diajak berbincang-bincang mengenai konten video yang menarik saat ini. Dengan banyaknya konten video yang beragam di dunia maya maupun di media, visual yang baik tentu mengandung berbagai unsur tertentu yang dapat menarik khalayak. Tugas seorang Video Content Editor yakni untuk menetralisir video mana yang berkualitas dan mana yang tidak untuk khalayak.

Acara seminar dan workshop EMT 2019 menjadi edukasi bagi peserta, selain dapat mengonsumsi media, kita sebagai khalayak dapat membuat konten dan visual yang menarik dan tahu mana konten yang berkualitas dan mana yang tidak.

Terakhir, acara ini ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, panitia, dan pembicara yang ada. Bagi Kema yang kemarin tidak sempat mengikuti “EMT: From idea to media” kemarin, Kalian masih mempunyai kesempatan tahun depan, karena EMT merupakan acara tahunan BEM Kema UNPAD. Sampai jumpa tahun depan Kema!

Leave a Reply