Share on facebook
Share on twitter

   

Earth Day 2021 telah berlangsung selama periode bulan April-Mei 2021 dalam upaya memperingati Hari Bumi Internasional. Event ini terlaksana dibawahi oleh Departemen Lingkungan Hidup BEM Kema Unpad. Lingkungan menjadi masalah yang perlu diperhatikan dengan seksama dan cermat. Lingkungan mulai terancam oleh berbagai macam dampak yang ditimbulkan oleh alam maupun oleh berbagai aktivitas manusia. Dari tahun ke tahun, lingkungan mulai menampakkan perubahan yang signifikan. Akibatnya, munculah suatu permasalah yang disebut dengan isu lingkungan. Isu-isu lingkungan inilah yang menjadi fokus permasalah yang diangkat pada Earth   Day 2021. 

Dengan tema global “Restore Our Earth”, terdapat beberapa rangkaian acara dari Earth Day Unpad 2021. Tindakan kecil seperti mematikan lampu dalam kegiatan Earth Hour hingga antusiasme penanaman 150 bibit pohon bertemakan “Sowing The Seeds” yang terlaksana pada tanggal 1 Mei 2021 di Desa Cigalumpit, Jatinangor. Hari bumi yang dirayakan setiap tanggal 22 April 2021 dimeriahkan dengan puncak acara pada tanggal 24-25 April 2021 dengan membahas tentang isu lingkungan secara global pada Webinar “Lassitude Terra : Destroying The Earth by Climate Chaos” yang berfokus pada 3 aspek dengan para narasumber, yaitu serangga, laut, dan hutan oleh Nurullia Fitriani, S. Si., MT. (Dosen FMIPA Unpad), Robi Deslia Waldi, S.Hut, M.Si. (Redaksi Forest Digest), dan Maryrose E. Tapilatu, S.Ik. (EcoNusa Foundation).  Selain itu, cara melindungi bumi melalui kegiatan yang mudah dari rumah pada Workshop “Hydroponics : Action from Home” dengan pembicara Billy Level (Owner of Happy Garden). 

Mengingat dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, Earth Day 2021 diadakan secara hybrid dengan memperhatikan protokol kesehatan yang baik dan benar. Seluruh kegiatan yang diadakan oleh Earth Day 2021 diharapkan menjadi sebuah aksi untuk melindungi lingkungan yang semakin hari semakin memprihatinkan.

Leave a Reply