ilu·si·o·nis n 1 pengkhayal; 2 orang yang dapat berpura-pura; 3 tukang sulap

Pengkhayal

Hai Sang Ilusionis,

Aku tahu kamu senang bermimpi, baik di siang atau malam hari. Aku tahu terkadang muncul perasaan iri, dari mimpi-mimpi yang belum teraih. Aku tahu kamu sering kali berbisik, “Andai aku ada di posisi mereka. Aku pasti bahagia. Aku pasti… cukup.”

Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain. Percaya akan kemampuan dalam dirimu sendiri. Selalu bersyukur akan apa yang kamu miliki.

Berpura-pura

Hai Sang Ilusionis,

Aku tahu kamu hebat dalam hal ini. Selalu mengangguk ketika seseorang meminta pertolongan yang memberatkan hati. Mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan diri sendiri.

Reward yourself. Hargai usaha yang kamu telah lakukan. Ubah perspektifmu. Jangan berekspektasi tinggi terhadap orang lain.

Sampai akhirnya, ada yang menyatakan pertanyaan favoritmu: “apakah kamu baik-baik saja?”

Ketika itu perasaan bingung, marah, sedih, nyeri di dadamu, rasa sakit menahan tangis, bayangan akan bunuh diri, menyeruak, menyerbu, memaksamu untuk mengucap, mengungkap…

Namun yang dikata hanyalah, “tidak apa-apa, aku baik-baik saja, aku hanya lelah. Terima kasih.”

Hai Sang Ilusionis,

Pada akhirnya, kamu hanya merasakan sakit serta kepedihan yang mendalam. Membuat kamu bungkam ketika bercengkerama. Membuat kamu meringkuk menangis sebelum tidur. Membuat kamu bertanya-tanya di dalam hati, “Sebetulnya apa gunaku di dunia ini?”

Berdamailah dengan dirimu sendiri. Berdamai denganku, kata hatimu. Kamu cukup, kita semua cukup. Apresiasi dirimu, cintai dirimu. Kenali dirimu lebih dalam karena kamu lebih berharga dari yang kamu bayangkan.

Karena di dalam hidupmu, dirimu sendirilah Sang Ilusionis Terhebat. Sangat mahir dalam berpura-pura, terlalu lama tenggelam dalam bayangan, khayalan yang akan selamanya menjadi angan-angan. HANYA, kalau kamu tidak keluar dari ilusi ciptaanmu sendiri.

Insecurity is a waste of time. Loving yourself first is very important because that’s who you’ll be spending the rest of your life with.

Salam rindu,

Kata hatimu.

#ListeningIsHelping