JATINANGOR — Pada Selasa, 20 Oktober 2020 lalu, Departemen Akademik & Inovasi (Akinov) mengadakan sesi Obrolan Comblangin Inovasi melalui YouTube Live. Kali ini, Akinov berkesempatan mengundang usaha Rhetorix.id, Jasa Training Public Speaking yang dikelola oleh mahasiswa Unpad.

Sesi Comblangin Inovasi ini dipandu oleh Bilqis Iasha (Kepala Departemen Akinov 2020) selaku moderator. Tiga dari empat mahasiswa di balik tim Rhetorix.id hadir sebagai pembicara, yaitu Raden Muhammad Ciptaning Hanif, CEO (Fikom 2018), Ogy Fernandiangga, Chief Operational Officer (Fikom 2017), dan Dian Tiara Nurhasanah, Chief Financial Officer (FEB 2017).

Berangkat dari latar belakang public speaking, pada Desember 2019 silam Rhetorix.id terbentuk dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbicara seseorang di hadapan publik. Setahun ke belakang, usaha ini pun telah bersaing di tingkat nasional setelah lolos sebagai salah satu pemenang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), membuat Rhetorix telah berkembang dibantu biaya dari Kemendikbud.

Rhetorix berasal dari kata retorika, yang berarti seni berbicara untuk menghadapi audiens. Hal ini selaras dengan latar belakang dibangunnya Rhetorix, yaitu semakin meningkatnya kepentingan berkomunikasi, terutama bagi mahasiswa. Dikatakan bahwa komunikasi merupakan ilmu esensial yang penting dalam segala aspek; pada daftar 4C kemampuan abad ke-21, Community termasuk di dalamnya bersama Critical Thinking, Creativity, dan Collaboration. Menurut Raden dan Ogy, ketiga hal tersebut bahkan dapat dicapai dengan menguasai Communication terlebih dahulu.

Dalam pelatihannya, Rhetorix menggunakan 3 metode berkualitas yang mengakomodir kecerdasan alamiah manusia; antara lain Neuro Language Program (emosional), Coaching (intelektual), dan Spiritual Speaking (spiritual). Sistem pengajaran dirancang melalui kelas utama, workshop, dan mentoring untuk menggali potensi peserta dan mendorongnya untuk menemukan jawaban dari permasalahannya dalam berbicara.

Apabila Kema Unpad tertarik untuk menjadi peserta pelatihan, Rhetorix dapat dihubungi melalui situs web ataupun Instagram. Rhetorix menyediakan 3 paket, yaitu Elementary, Intermediate, dan Advanced yang dimulai dari harga terjangkau Rp99.0000 bagi mahasiswa dan Rp139.000 bagi umum. Selain berinvestasi dalam kemampuan public speaking yang diajarkan oleh tim yang telah bersetifikat CT (Certified Trainer), peserta akan mendapat sertifikat pelatihan pula. 

Nantikan Obrolan Comblangin Inovasi selanjutnya, ya! * (HS)