Unpad Sakit! “Suara Kami Tak Dapat Dibungkam”

Begitulah bunyi baliho besar yang sore hari itu #SuperUnpad bawakan. Kondisi kampus kita memang saat ini sedang tidak baik. Berbagai masalah seakan-akan tak henti-hentinya menghinggapi almamater tercinta ini. Kejadian sore ini merupakan rangkaian peringatan yang telah kami berikan setelah kegiatan advokasi, audiensi bersama serta acara ‘ 1 Hari Bersama Bapak’ gagal memenuhi tuntutan mahasiswa Unpad.


#SuperUnpad yang dilakukan pada hari Rabu, 9 Mei 2017 kemarin merupakan start awal parade mimbar bebas yang nantinya akan dilakukan serentak di setiap fakultas yang berada di Universitas Padjadjaran. Aksi ini dimulai pada pukul 15.30 bertempat di Gerbang Lama Brooklyn Timur, dengan bermodalkan 3 spanduk besar bertuliskan ‘UNPAD SAKIT!’, ‘SUARA KAMI TAK DAPAT DIBUNGKAM’ dan tagline ‘#SUPERUNPAD’ digelar untuk mencerdaskan para mahasiswa yang hendak keluar dari gerbang kampus. Rangkaian acara berjalan semakin memanas dengan berbagai teriakan orasi yang disampaikan oleh setiap perwakilan mahasiswa, issue yang dibawa pun beragam dimulai dari UKT, Infrastruktur Unpad, Dana kemahasiswaan yang tak kunjung cair, pencopotan mading mahasiswa di Fakultas Hukum serta hal-hal sederhana seperti keresahan pribadi mahasiswa terkait kepemimpinan Rektor. Tak cukup sampai disini, kegelisahan terhadap kondisi kampus yang tak kunjung membaik juga diungkapkan oleh mahasiswa melalui puisi yang di dengar oleh seluruh massa yang berada di sekitar Gerbang Lama Unpad. Langit pun semakin gelap menandakan waktu maghrib akan segera tiba, tetapi semangat kami tetap membara meneriakan suara-suara perubahan.

Aksi Suara Mahasiswa Unpad

Selama jalannya acara, tampak pula kerumunan massa yang mulut serta tangannya dibungkam sebagai penanda bahwa selama ini pihak Rektorat selalu menutup mata dan telinga terhadap segala hal yang terjadi di Unpad. Hadir pula berbagai Ketua Bem Fakultas, Perwakilan Komunitas Mahasiswa serta Wartawan mahasiswa yang turut meliput jalannya acara dari awal hingga akhir. Ini menandakan bahwasannya perjuangan #SuperUnpad bukan hanya milik Bem Unpad saja, tetapi keresahan serta ketidakberesan akan hal yang terjadi di Unpad ini sudah menyentuh seluruh kalangan sehingga memaksa mereka untuk turut ikut dalam #SuperUnpad ini. Matahari semakin menghilang dari peredarannya, sebagai bagian pamungkas dari acara maka mahasiswa yang suaranya merasa dibungkam pun melakukan aksi teatrikal tidur di jalan dengan berlatar belakang spanduk besar ‘SUARA KAMI TAK DAPAT DIBUNGKAM! dengan di iringi oleh lagu darah juang yang di nyanyikan oleh seluruh massa yang hadir di Gerbang Lama.

Aksi Suara Mahasiswa Unpad

Ya, perjuangan akan terus Kami gaungkan!
Catat! Bahwasannya perjuangan Kami tak akan berhenti disini.
PANJANG UMUR PERLAWANAN!!

 

Narahubung: Ilyas Muttaqin / Ilysmm97

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *