Mahasiswa Unpad Raih Prestasi Kompetisi Debat Nasional di Unair

Mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil meraih Juara ketiga pada Kompetisi Debat Nasional Airlangga Debate Competition 2 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga, Minggu (2/10) lalu. Kegiatan Debat Nasional ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa se-Indonesia dengan mengangkat tema “Suaraku untuk Indonesia Kita”.

Pada AADC 2 ini terdiri dari enam tahapan seleksi diantaranya seleksi esai, penyisihan, quarter final, semi final, final dan grand final. Terdapat 18 tim yang lolos masuk ke babak penyisihan dari 40 tim yang mengikuti seleksi esai. Unpad sendiri berhasil meloloskan dua tim yakni tim Tahu Bulat yang terdiri dari Iqbal Muhamad Sahid (FISIP 2013), Delvia Idola (FAPSI 2013), Fadilah Ferdinal (FISIP 2014) dan The Lorenz yang terdiri dari Iqbal Hafizon (FISIP 2016) Nindya Vinya Lorenz (FISIP 2016) Rama Adiputra WN (FISIP 2016) yang berhak mengikuti seleksi penyisihan, dan satu diantaranya yakni tim Tahu Bulat berhasil lolos hingga final.

Pada babak seleksi semi final Pool A tim Tahu Bulat Universitas Padjajaran bertemu tim Irena Lucy dari Universitas Indonesia yang berhasil dimenangkan oleh Universitas Indonesia dengan kemenangan tipis agregat 2-1, sedangkan di Pool B tim Lucky Debate Universitas Pendidikan Nasional bertemu tim Hore Universitas Gadjah Mada yang berhasil dimenangkan oleh Universitas Pendidikan Nasional dengan kemenangan mutlak 3-0 sehingga berhasil lolos menuju babak Grand Final dengan Universitas Indonesia, sedangkan babak Final mempertemukan Universitas Padjadjaran dengan Universitas Gadjah Mada.

Setelah melalui babak Final dan Grand Final yang menegangkan, Pengumuman pemenang dibacakan oleh Dewan Juri dengan menetapkan Universitas Indonesia sebagai Juara 1, Universitas Pendidikan Nasional sebagai juara 2, Universitas Padjadjaran sebagai Juara 3, dan Universitas Gadjah Mada sebagai Juara Harapan 1. Selain mendapat gelar Juara 3 pada Kompetisi Airlangga Debate Competition, Mahasiswa Universitas Padjadjaran juga meraih 7 th Best Speaker atas nama Iqbal Muhamad Sahid dan Delvia Idola.

img_20161002_195208

Menurut Iqbal, Kompetisi debat kali ini memberikan kesan yang luar biasa karena merupakan raihan pertama menjadi juara Debat ditingkat Nasional, sedangkan Delvia dan Fadilah mengutarakan kesannya “Dapat keluarga baru, persahabatan ditengah pertandingan, membuka wawasan dan sudut pandang baru itu semua sangat tidak disangka dan akan menjadi pengalaman yang berharga”.

Pengirim: Iqbal Muhamad Sahid