Yuk, Silaturahmi Online dengan Studi Banding! #1

Share on facebook
Share on twitter

JATINANGOR – Pada 1 Juni—6 Juni 2020, Departemen Hubungan Eksternal BEM Kema Unpad 2020 telah menyelenggarakan salah satu program kerjanya yaitu studi banding. Kegiatan studi banding ini dilakukan bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai universitas Indonesia, di antaranya Universitas Gadjah Madjah, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini dilakukan melalui platform Google Meet dan dilaksanakan berdasarkan departemen-departemen yang bergerak di bidang yang sama. Dimulai dari studi banding Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Kema Unpad dengan Kementerian Sosial Masyarakat BEM KM UGM pada 1 Juni 2020, Departemen Propaganda dan Aksi BEM Kema Unpad dengan Kementerian Propaganda dan Aksi Kreatif BEM KM UGM pada 2 Juni 2020, Departemen Advokasi Pelayanan Mahasiswa BEM Kema Unpad dengan Bidang Kesejahteraan Mahasiswa BEM Undip pada 5 Juni 2020, Departemen Advokasi Masyarakat BEM Kema Unpad dengan Kementerian Sosial Masyarakat EM UB pada 6 Juni 2020, dan terakhir Departemen MediaInformasi BEM Kema Unpad dengan Kementerian dan Informasi BEM KM UGM pada 6 Juni 2020.

Setiap sesi studi banding dimulai dengan sesi pengenalan dari masing-masing BEM yang terlibat. Setelah membangun suasana yang akrab, pembahasan berlanjut dengan presentasi tentang departemennya masing-masing, yang mencakup struktur organisasi, tugas pokok, fungsi, program kerja, dsb. Dengan saling mengenal satu sama lainnya, kedua departemen yang terlibat pun mempelajari hal-hal positif dari satu sama lainnya sehingga harapannya dapat saling menginspirasi dan menerapkan cara kerja atau membuat karya yang serupa dalam departemennya. Kegiatan ini pun diakhiri dengan saling bertanya-jawab dan foto bersama secara virtual.

Melalui program kerja studi banding, harapannya masing-masing BEM yang terlibat dapat menjalin hubungan satu sama lainnya dan bahkan membangun kerja sama lebih lanjut dalam menghasilkan karya kolaborasi. Studi banding pun tidak hanya berhenti sampai sini, namun juga akan berlanjut dan bergilir tiap departemen lainnya.

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *