Sosmas Ngariung : Sinergis Pengabdian Unpad untuk Indonesia

GARUT – Pada hari Jumat (24/02/2017), Departemen Sosial Kemasyarakatan BEM Kema Unpad menyelenggarakan Sosmas Ngariung, program kerja berupa Silaturahim Forum Sosial Kemasyarakatan BEM Fakultas Unpad dengan tema “Sinergis Pengabdian Unpad untuk Indonesia”.  Bertempat di Kampung Taringgul, tepatnya di desa Margawati kabupaten Garut. Desa ini merupakan desa binaan BEM Fakultas Peternakan Unpad.

Kegiatan Sosmas Ngariung ini diikuti oleh 38 perwakilan lembaga yang terdiri dari BEM Kema, BEM dari tiap fakultas, HIMA, UKM, dan Komunitas yang ada di Universitas Padjadjaran, dengan total lebih dari 90 peserta. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak kecamatan, kelurahan, babinsa, babinmas, dan PLKB dari desa Margawati.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensinergiskan program kerja lembaga-lembaga yang ada di Unpad, melalui diskusi dan sharing yang sesuai dengan tema dari kegiatan ini, yaitu ‘Sinergis Pengabdian Unpad untuk Indonesia’.  Konten acara kegiatan ini meliputi presentasi dari departemen sosmas tiap fakultas, HIMA dan UKM,  serta diskusi mengenai program kerja yang akan dikolaboratifkan.  Selain itu, kegiatan ini dimeriahkan oleh penampilan seni Qasidah dan Calung yang disuguhkan oleh masyarakat kampung Taringgul. Peserta pun ikut meramaikan dengan bernyanyi bersama masyarakat.

Menurut ketua pelaksana, Yonaldidasa Novika, kegiatan ini hanya dipersiapkan dalam waktu singkat, yaitu satu minggu. Namun, beliau mengaku kegiatan ini matang dan sukses.  Para peserta pun merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan sukses. Mega Muhammad, perwakilan dari HIMPRO AGRI mengaku senang karna dapat terjun langsung di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, Rosyidah Putri, perwakilan dari HIMA Sastra Jerman berpendapat bahwa kegiatan ini diluar dugaannya. Menurutnya, warga-warga ternyata sangat ramah dan melalui kegiatan ini, ia mendapat banyak kawan baru.

Kepala departemen Sosial Masyarakat BEM Kema Unpad, Hafidz Hasbi Ash Shidieqy, mengharapkan, melalui kegiatan ini, visi dari departemen Sosial Masyarakat BEM Kema Unpad, yaitu optimalisasi pengabdian Unpad dan Unpad sebagai kampus pengabdian dapat terwujud.

  • kema

    Kece!