Universitas Padjadjaran merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Jawa Barat sehingga tak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa yang mengemban ilmu disini berasal dari berbagai penjuru nusantara. Setiap daerah memiliki budaya dan tradisinya masing-masing termasuk keanekaragaman kuliner nusantara yang tak ada habisnya. Menyadari hal ini, BEM Kema Unpad mengadakan sebuah acara yang sangat meriah pada tanggal 4 April 2018 lalu.

Festival Sambal Nusantara,berhasil memenuhi hasrat para pencinta sambal dengan cita rasa aneka sambal yang berasal dari berbagai paguyuban mahasiswa Unpad diantaranya sambal bumi yang disediakan oleh Paguyuban Mahasiswa Asal Sukabumi (MUSI) dan sambal tauco yang berasal dari Paguyuban Mahasiswa Cirebon (Gawarebon)   . Para pengunjung sangat antusias dengan acara ini terutama karna seluruh sambal yang dihidangkan selain enak juga gratis.

Acara yang dikelola oleh Departemen Seni Budaya ini selain untuk memperkenalkan kuliner khas dari setiap daerah di Indonesia, juga bertujuan untuk menjadi ajang silaturahmi antar paguyuban dan BEM Kema Unpad. Selain menyajikan sambal , setiap paguyuban juga menunjuk duta budaya nya untuk tampil di peragaan busana khas daerah. Setiap kontestan terlihat sangat menawan dengan pakaian adat yang menginterpretasikan daerah asalnya masing-masing.

Acara berlangsung meriah dengan pengunjung yang berdatangan dari pukul 4 sore dan memenuhi stand-stand setiap paguyuban yang berada di Samping Arboretum Unpad tepatnya depan Sekretariat Menwa Unpad. Sembari berkeliling mencicipi seluruh sambal, pengunjung disuguhi dengan penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa Unpad dan tarian tradisional yang begitu mengesankan. Para pengunjung berharap acara seperti ini dapat terus diadakan karena sangat unik dan kreatif sehingga tidak hanya menarik perhatian mahasiswa Unpad tapi juga diharapkan acara ini dapat menjadi signature event Unpad dikedepannya. (Ikrima MR)