Kejurda Tarung Derajat Antarmahasiswa

Jatinangor, (09/04). Baru berdiri langsung berprestasi. Itulah kiprah kontingen Satlat (Satuan Latihan) Universitas Padjadjaran dalam ajang Kejuaraan Daerah Tarung Derajat antar Mahasiswa se-Jawa Barat 2017. Terbukti walaupun belum menjadiUnit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan baru terbentuk 2015 silam, Satlat Unpad sukses menjadi tuan rumah dan mendulang prestasi pada ajang kejuaraan ini.

Sebanyak empat medali diraih oleh para atlit Satlat Unpad, 1 emas oleh Rio Muhammad Fakhri di kelas tarung bebas putra (58,1 kg-61 kg), 1 perak oleh Saddam Alj di kelas tarung bebas putra (49,1 kg-52 kg), dan 2 perunggu masing-masing oleh Fauza Saputra di kelas (55,1 kg-58 kg), Kemal Hamdani di kelas (61,5 kg-64 kg).

Satlat Universitas Garut berhasil menjadi juara umum dengan membawa pulang 4 emas, dan 1 perak. Diikuti Universitas Pakuan Bogor 3 emas, dan 2 perunggu, dan Universitas Langlang Buana 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Sebelumnya, telah dilaksanakan pemilihan Ketua Forum Komunikasi Tarung Derajat Jawa Barat tanggal 19 Maret 2017 pada saat Latihan Gabungan Satlat Universitas se-Bandung Raya di Universitas Padjadjaran. Andri Fauzi Ramlan, mahasiswa FTIP 2015 Unpad terpilih menjadi Ketua Forum Komunikasi Tarung Derajat Jawa Barat. BAPOMI (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia) Jawa Barat sangat mendukung dengan dibentuknya Forum Komunikasi Mahasiswa ini. Salah satu tujuan dari terbentuknya ini yaitu untuk mengkoordinir seluruh mahasiswa Tarung Derajat sehingga terjalin integrasi antar Mahasiswa Tarung Derajat Jawa Barat. Kejuaraan ini pun merupakan salah satu buah dari dibentuknya Forum Komunikasi Mahasiswa Tarung Derajat Jawa Barat.

Kejuaraan ini diikuti oleh 99 atlit berasal dari 31 perguruan tinggi negeri dan swasta Jawa Barat. Suksesnya kejuaraan ini atas kerjasama antara Unversitas Padjadjaran, BAPOMI Jabar, Perguruan Pusat Tarung Derajat, Pengurus Provinsi KODRAT Jawa Barat dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Tarung Derajat Jawa Barat. Kejuaraan ini berlangsung dari tanggal 7 sampai 9 April 2017, di Gor Lapang Basket Bale Santika, Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor,  Sumedang.

Nomor yang dipertandingkan pada Kejuaraan antar Mahasiswa se-Jawa Barat ini terdiri dari 9 Nomor Tarung Bebas Putra dan 5 Nomor Tarung Bebas Putri dengan jumlah medali yang diperebutkan adalah 14 medali emas, 14 medali perakk, dan 28 medali perunggu.

Dalam kejuaraan ini, sejumlah mahasiswa Tarung Derajat di Provinsi Jawa Barat diseleksi guna memastikan kelayakannya untuk bergabung dengan Tim Provinsi Jawa Barat pada POMNas ke-XV di Sulawesi Selatan tahun ini.

Kegiatan ini merupakan langkah untuk kembali mengulang kesuksesan Provinsi Jawa Barat pada POMnas ke-XIV sebelumnya di Aceh dimana Jawa Barat berhasil meraih predikat juara umum dengan memperoleh 5 emas, yakni 3 dari nomor tarung dan 2 dari nomor pertandingan seni gerak. Petarung-petarung mahasiswa di Jawa Barat diharapkan juga menjadikannya motivasi untuk lebih semangat dan mempersiapkan diri agar dapat berprestasi di ajang kejuaraan tingkat nasional melalui Kejuaraan Daerah Tarung Derajat antar Mahasiswa se-Jawa Barat ini hingga pada akhirnya sukses mewakili Jawa Barat di multi-event bergengsi tersebut. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *