Earth Day : E-ducation

Jatinangor – Dalam rangka memperingati hari Bumi pada tanggal 22 April, telah dilaksanakan kegiatan E-ducation atau Environmental Education pada hari Sabtu, tanggal 8 April 2017. Acara ini dilaksanakan secara serentak di lima sekolah dasar di Jatinangor, yaitu SD Jatinangor, SD Cileles, SD Talaga Mukti, SD Jatiroke 1, dan SD Neglasari. E-ducation melibatkan banyak pihak, yaitu gabungan dari BEM Kema Unpad, BEM FMIPA, BEM FTIP, Eco-G, dan IAAS, serta volunteer dari strata sarjana hingga magister.

Kegiatan E-ducation

 

Kegiatan E-ducation

 

Kegiatan E-ducation

E-ducation merupakan kegiatan edukasi lingkungan kepada anak-anak sekolah dasar di Jatinangor. Kegiatannya terdiri dari pengajaran materi serta praktik pengelolaan sampah (prinsip 3R) kepada anak-anak tersebut. Melihat data dari Dinas Pendidikan bahwa dari 31 sekolah dasar di Jatinangor, terdapat 11 sekolah yang memerlukan edukasi mengenai lingkungan, terutama sampah, maka E-ducation ini diadakan sebagai salah satu upaya menjaga Bumi dengan menerapkan pengetahuan lingkungan pada anak-anak sejak dini.

Dalam pelaksanaannya, diadakan pelatihan terlebih dahulu bagi volunteer terkait materi apa yang harus disampaikan, metode penyampaian ideal, dan jenis praktiknya seperti apa. Kemudian anak-anak dibagi berdasarkan kelasnya, yaitu kelas 3, 4, 5, dan silabus pun dibuat menjadi tiga tingkatan.

Pihak E-ducation disambut dengan hangat oleh tiap-tiap pihak sekolah. Dengan bersenang-senang, mereka bersama-sama menyanyikan lagu anak-anak dan kemudian menyampaikan materi. Tidak hanya materi saja, anak-anak kemudian diajak ke lapangan untuk benar-benar mempraktikkan apa yang sudah dipelajari, seperti membuang sampah pada tempatnya, dan membedakan golongan-golongan sampah. Selain mengedukasi anak-anak, acara ini juga ditujukan untuk menstimulus mahasiswa agar dapat melakukan pengabdian juga kepada masyarakat sekitar Jatinangor.

Acara ini diakhiri dengan pemberian plakat kepada pihak sekolah dan sesi foto bersama.

Foto Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *