Community Gathering #2: Imun Aman Nyaman Beriman Di Tengah Pandemi Covid-19

Share on facebook
Share on twitter

JATINANGOR – Pada Minggu, 17 Mei 2020, Community Gathering #2 dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet. Acara yang merupakan program kerja Departemen Hubungan Eksternal BEM Kema Unpad ini dimulai pada pukul 15.15 WIB. Dengan tajuk “Imun Aman Nyaman Beriman di Tengah Pandemi Covid-19”, acara kali ini diisi oleh pembicara Herdyan Loberto, S.T., M.Psi, (People Development Consultant untuk SehatMental.id) dan M. Fadillah Ghifari (Ketua Syamil Unpad 2020). 

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Unpad dengan moderator Tiara Nurul (Staf Dept. Hubungan Eksternal BEM Kema Unpad). Pada sesi pertama, Herdyan Loberto, S.T., M.Psi menyampaikan topik mengenai kiat menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Ada pun poin-poin yang disampaikan berkaitan oleh topik tersebut, yaitu: 1) di masa swakarantina, agar mampu bekerja dengan baik, disarankan untuk menciptakan lingkungan kerja yang memadai seperti di ruangan tersendiri dengan meja dan kursi yang jauh dari tempat tidur atau orang lain, dan 2) agar dapat terhindari dari kecemasan yang ditimbulkan dari kondisi pandemi ini, disarankan untuk tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita yang diperoleh dan biasakan mengecek ulang kebenaran berita tersebut, terutama yang dianggap mengkhawatirkan. Pada sesi selanjutnya, M. Fadillah Ghifari memberikan topik terkait menjaga keimanan dan ketenangan hati. Berbagai pengingat akan keimanan disampaikan, sehubungan dengan berlangsungnya bulan suci Ramadan; bulan penuh berkah dan kesempatan bagi para muslim beramal sebanyak-banyaknya meski hanya dalam waktu satu bulan. Ada pun beberapa poin penting pada sesi ini yaitu: 1) bila diibaratkan dengan bangunan rumah, iman adalah pondamen, Islam sebagai tembok dan ihsan sebagai atap dan ornamen lainnya sehingga ketiga hal tersebut harus dipastikan bisa saling berdiri untuk membentuk insan yang kokoh keislamannya dan 2) ilmu, iman, dan amal adalah tiga hal penting bagi manusia di dunia yang seyogianya saling melengkapi satu sama lain tanpa berat sebelah.

Acara pun ditutup pada pukul 17.00 WIB dengan sesi kuis berhadiah melalui platform Quizzies.  Community Gathering #2: Imun Aman Nyaman Beriman di Tengah Pandemi Covid-19 ini merupakan satu-satunya sesi dari Community Gathering yang membahas topik spesial edisi Ramadan tahun 2020. * (CAR)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *