Community Gathering #1: Ubah Insecure Menjadi Powerful di Tengah Pandemi

Share on facebook
Share on twitter

JATINANGOR – Pada hari Minggu, 19 April 2020 Departemen Hubungan Eksternal BEM Kema Unpad bekerjasama dengan Departemen Advokasi & Pelayanan Mahasiswa untuk mengadakan program Community Gathering perdana secara daring. Acara yang dihadiri oleh Fadhillah sebagai fasilitator dari Psikologi Care ini membawa tema “Manajemen Kesehatan Mental Mahasiswa di Tengah Pandemi” dengan tajuk utama Ubah Insecure Menjadi Powerful.

Acara dimulai pukul 13.00, dimana kurang lebih 70 mahasiswa Unpad sudah hadir di kanal Google Meet yang merupakan media pembicaraan hari itu. Kegiatan ini dipandu oleh Muhamad Syaekhudin (Fapet 2019) sebagai pembawa acara.

Di tengah masa pandemi COVID-19, rasa insecure lazim tumbuh di kalangan diri mahasiswa. Menurut Fadhillah, insecure yang bermakna perasaan tidak aman atau tidak mampu muncul karena rasa cemas dan tertekan akibat tidak terpenuhinya kebutuhan manusia akan ‘menjadi bagian dari sesuatu’ — atau dalam kata lain, tidak melakukan interaksi sosial secara langsung. Acara kemudian mulai membahas hal-hal yang dapat mahasiswa lakukan untuk mengatasi rasa insecure. Pada hakikatnya, perasaan ini tidak bisa dihilangkan begitu saja; harus ada proses jujur dan percaya pada diri sendiri untuk merasa lebih baik.

Empat puluh menit pembahasan diikuti dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Acara ditutup dengan games berbasis Quizziz, dimana seluruh peserta menjawab 14 pertanyaan seputar COVID-19 dan pembahasan dengan PsikologiCare. Yang menarik dari games ini, tiga peserta dengan jumlah skor terbesar mendapat hadiah voucher Go-Pay dengan total senilai Rp225.000,00.-

Meskipun beberapa penyesuaian dilakukan, seperti pergantian format menjadi daring dan berhalangan hadirnya pemateri kedua dari sehatmental.id, Community Gathering pertama dari Departemen Hubungan Eksternal berhasil mengundang respon yang antusias dari seluruh peserta. Sebagai informasi, Community Gathering sendiri adalah program kerja Departemen Hubungan Eksternal yang bertujuan membantu Kema Unpad menyikapi suatu isu dengan mengundang komunitas dan NGO (non-profit organization) sebagai fasilitator. Meski di tengah keterbatasan kondisi saat ini, Departemen Hubungan Eksternal berencana akan tetap menemani mahasiswa Unpad dengan program yang informatif. Nantikan Community Gathering selanjutnya, ya! * (HS)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *