Bertepatan dengan pelaksanaan debat resmi calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat oleh KPUD Jawa Barat yang bekerjasama dengan Kompas TV, 20 mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam aliansi BEM SI Jabar turut menyaksikan langsung acara dari Gedung Sabuga, Bandung. setelah beberapa hari sebelumnya berhasil mendesak KPUD Jabar untuk memberi slot kursi VIP untuk perwakilan aliansi BEM SI Jawa Barat.

Mahasiswa hadir tentu bukan sekadar untuk menonton, melainkan menyampaikan gagasannya lewat cara-cara khas mahasiswa, diantaranya :
1. Membentangkan beberapa poster terkait aspirasi mahasiswa dan seruan mencari pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang berani untuk Berdiskusi dengan Mahasiswa.
2. Mendesak paslon untuk menandatangani pakta integritas terkait kesediaannya untuk berdiskusi bersama mahasiswa dalam forum yang sudah direncanakan. Dalam hal ini, paslon nomor 1, 2, dan 4 bersedia untuk menandatangani pakta integritas diatas materai, sementara paslon nomor 3 hanya mengungkapkan kesediaannya secara verbal tanpa membubuhi tanda tangan.

Disamping itu, terjadi sedikit keributan antara mahasiswa dengan aparat saat Aliansi BEM SI Jabar ingin mendatangi paslon di ruangan tim pemenangan selepas acara debat terbuka. Keributan bermula saat mahasiswa ingin masuk kedalam ruangan yang sudah di izinkan oleh Tim Pemenangan Paslon, namun ditahan, diusir, dipukul dan diucapkan kata yang tidak pantas oleh oknum kepolisian. Maka dari itu, BEM SI Jabar mengecam keras tindakan represif aparat dan menuntut Polda Jabar khususnya menindak tegas aparat yang berkata a*jin* kepada Mahasiswa agar kejadian serupa tidak terulang.

Demikian rilis ini dibuat, semoga bisa menjadi maklumat bagi semua pihak. Dan kami ingin menegaskan bahwa BEM SI Jawa Barat akan mengawal Pilkada Jawa Barat hingga tuntas. Panjang umur perjuangan, Tuhan bersama mereka yang sedang berjuang!

Hidup mahasiswa!
Hidup rakyat Indonesia!

#MahasiswaKawalPilkada #BEMSI #BEMSIJabar #PilkadaJabarBersih

BEM/0102/04/II/2018

Departemen Kajian dan Aksi Strategis
Bidang Dinamisasi Kampus dan Kebidjakan Publik
BEM Kema Unpad 2018
Satyagraha