Dalam rangka mempertingati hati bumi atau Earth Day 2018, Departemen Sosial Lingkungan Bidang Kemasyarakatan BEM Kema Unpad menyelenggarakan Unpad Poek pada 24 Maret 2018 di Bale Pabukon dari pukul 15.00 hingga 20.00 WIB.

 

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Earth Day 2018, Valent Febrian, menjelaskan bahwa kegiatan Earth Day ini dibagi menjadi 3 rangkaian yaitu Unpad Poek, Edu day atau education day yang akan mengirim 150 orang pengajar volunteer ke beberapa SD di Jatinangor unruk memberi pengajaran mengenai bumi dan pelestariannya. Dan terakhir penanaman pohon yang akan berlangsung pada bulan April mendatang di sekitar Ciliwung.

 

Acara kemahasiswaan ini mendapat dukungan dari Unpad sendiri, terlihat Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., hadir untuk memberikan kata sambutan.

Unpad Poek ini dikemas dengan menampilkan beberapa kegiatan menarik seperti musikalisasi puisi, aksi teatrikal, renungan, bazaar fakultas, dan penukaran tumbler.

 

Penukaran tumbler menjadi keunikan acara ini, terlihat antusiame mahasiswa untuk menukarkan 4 botol plastik kemasan menjadi 1 tumbler yang layak diisi ulang.

Bazzar sendiri tak kalah menarik, terdapat 8 tenant yang menjual beraneka ragam makanan dan kreasi mahasiswa.

Salah satunya adalah tenant dari FKep yang menjual makanan ringan seperti bayam cracker dengan 3 varian rasa (original, hot spicy, dan hot cheese), kripik pisang lampung (rasa milo, coklat, dan pedas), banana nugget, dan sushi. Harganya pun variatif mulai dari 4 rubu hingan 10 ribuan

Filsya Horina, salah seorang penjaga tenant mengatakan bahwa pengadaan bazaar ini adalah salah satu aktualisasi dari mata kuliah kewirausahaan. Ia mengatakan jualan dengan penerangan hanya dari sebuah lilin menjadi tantangan yang menarik.

 

Panitia Unpad Poek pun mengimbau agar para penjual bazaar dapat mengurangi penggunaan produk yang berpotensi menjadi sampah plastik ataupun kertas dan tetap menjaga lingkungan tetap bersih.