Alumni Session: Post-College Life bersama Kang Ronal

Share on facebook
Share on twitter

JATINANGOR – Pada hari Rabu, 20 Mei 2020 silam, Kema Unpad berkesempatan dikunjungi salah satu alumninya, yaitu Ronal Surapradja, pada acara Gold Talk: Sharring session with alumni yang diadakan oleh Departemen Hubungan Eksternal BEM Kema. Ini adalah agenda perdana dari program kerja Gold Talk yang melibatkan alumni sebagai narasumber. Selain itu, sesi berbagi ini mengangkat post-college life atau kehidupan pasca kampus sebagai topik pembahasannya.

Sesi berbagi berformat webinar kali ini dimulai menjelang waktu berbuka, pukul 16.00, dengan Google Meet sebagai media penyampaiannya. Dalam beberapa menit pertama, sekitar 90 peserta sudah memasuki ruang webinar. Asri Nur Saidah dari FTIP 2017 berperan sebagai moderator yang memandu kegiatan ini.

Kegiatan dibuka dengan pertanyaan dari moderator mengenai kehidupan pasca kampus. Kang Ronal merupakan alumni prodi Manajemen Informasi Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad tahun 1995. Kini, beliau dikenal sebagai public figure, aktor, MC, hingga komedian.

“Ada suatu kekosongan dalam hidup kalau nggak ngelakuin hal yang sesuai passion kamu,” ucap Kang Ronal. Sebagai alumni Fikom, beliau mengaku kemampuan lisannya terasah seiring kuliah. Beliau menemukan bahwa public speaking adalah minatnya sejak masih mahasiswa, sehingga ketika sudah duduk di tingkat akhir beliau sudah mulai bekerja, karena—mengutip beliau—penting untuk mengenal diri untuk mengukur kemampuan pribadi, supaya ‘tidak tersesat’ nantinya.

Sesi berbagi berlanjut ke topik manfaat mengikuti kegiatan kemahasiswaan untuk kehidupan pasca kampus. Sebagai mahasiswa, Kang Ronal terbilang cukup aktif di dalam kampus. Beliau bercerita mengenai pengalamannya sebagai ketua pelaksana sebuah acara musik di fakultasnya, di mana beliau dan timnya menemui masalah. “[Ikut organisasi dan kepanitiaan] membuat kita ditempa buat berpikir,” terang Kang Ronal. “Kita belajar mengambil keputusan yang sulit, untuk menembus limit kita. Seperti sebuah panah, ketika kita ditarik [oleh masalah], kita [justru] melesat.”

Ketika sesi Q&A tiba, muncul bahasan tentang bagaimana cara mengikuti zaman. Sebagai seorang yang telah berpengalaman dalam bidang yang berhubungan dengan media, Kang Ronal menganggap bahwa perubahan zaman tidak bisa dihindari, melainkan harus dianggap sebagai kompetisi. “Generasi saya tidak perlu takut sama generasi milenial, asalkan kami menguasai ilmu yang sama,” ucap beliau. Beliau berpesan bahwa hal ini adalah tantangan untuk semua orang.

Gold Talk sesi berbagi dengan alumni kali ini berlangsung dengan lancar dan disambut antusias. Menjelang akhir sesi, jumlah peserta cukup membludak hingga menyentuh angka 150. Selain dilaksanakan di waktu yang ideal, yaitu sambil menemani Kema Unpad menunggu waktu berbuka, pilihan narasumber yaitu Kang Ronal menarik perhatian besar dari para peserta. Nantikan Gold Talk selanjutnya, ya! 

Lihat juga pesan dari Kang Ronal untuk Kema Unpad di IGTV kami! * (HS)

Tonton sesi lengkapnya di sini!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *